Kenapa Bisa Suka Sama Hip-Hop?

Hello semua! Farhan disini bersama ketikannya!

Di ketikan kali ini, gue (pake kata gue ya, biar akrab) akan cerita sedikit tentang musik favorit gue, yaitu Hip-Hop, serta awal perkenalan gue ke Hip-Hop, serta komentar saya tentang Kondisi Hip-Hop.

Yak, bagi yang belum tau, mungkin bisa lihat di ketikan paling pertama di blog ini, bahwa gue merupakan seorang blogger kesehatan, yang situsnya bisa kalian lihat di ketikan tersebut. Dan sekarang, gue juga bisa dibilang akan menjadi blogger musik di blog ini, ya meski ketikan yang akan mengisi blog ini juga bisa berasal dari komentar sosial atau hanya sekedar cerita ga jelas tok. Tapi, tenang aja, Hip-Hop akan menjadi rubrik khusus di blog ini.

Sekarang, gue mulai dulu tentang perkenalan gue terhadap musik hip-hop ini. 

sumber : google(com)
Kira-kira, 2 minggu lagi, gue akan berusia 20 tahun (siapin kado ya kalo sempat, ya minimal share foto kue ultah di Facebook juga boleh), dan ini merupakan tahun ke-9 atau ke-10 gue mengenal musik hip-hop. Jujur, pertama kali gue mengenal musik hip-hop itu pas tahun 2005/2006, gara-gara ada 3 acara yang ditayangin di Gl*bal TV (pas masih ada MTV), yaitu Pimp My Ride, Total Request Live (TRL), dan Let's Dance. Di acara tersebut, sering banget diputerin lagu-lagu dari Black Eyed Peas, 50 Cent, Eminem, Missy Elliott, Ludacris, Kanye West, dan Jay Z. Disitu, passion saya buat dengerin musik hip-hop tumbuh. 

Tapi, sempat vakum dengerin hip-hop gara-gara MTV udah ga tayang lagi di Indonesia (sumpah kangen MTV, bila perlu ada channel khusus MTV di Indonesia, jangan nemplok doang di stasiun lain), sampai sekitar tahun 2008/2009, pas mulai masuk acara chart musik nasional di TV Indonesia, mulai menggemari hip-hop lagi, gara-gara ada Saykoji, dengan beberapa lagu, seperti Online, Kaskus Anthem, dan So What Gitu Loh. 

Setelah itu, vakum lagi dengerin hip-hop, gara-gara masuk sekolah berasrama, sampai akhirnya ada yang ngenalin (lagi) Eminem ke gue, sekitar tahun 2010/2011. Disitulah, gue jadi cinta banget terhadap musik hip-hop, bisa dibiilang album Recovery adalah album hip-hop pertama yang gue dengerin sampai full (kalo sekarang sudah banyak). Dan, sampai sekarang, alhamdulillah, masih cinta dengan musik hip-hop, meski rapper favoritnya sudah berganti-ganti serta ada ketertarikan ke genre musik lain, seperti Rock, Alternative, Pop, R&B bahkan sampe K-Pop (cuma SNSD) dan J-Pop (cuma 48Group) pun doyan.  

Sekarang, gue kasih alasan kenapa bisa doyan sama musik hip-hop, dan harus doyan.

Sebenarnya, alasan ini sudah gue sampaikan di blog kesehatan gue, waktu itu lagi males bahas kesehatan, jadi bahas aja hip-hop (betewe, di blog itu, gue juga pernah bahas rapper favorit gue sekarang, bisa dikepoin aja). Menurut gue, hip-hop itu merupakan musik yang cerdas ya, karena membuat lagu hip-hop itu ga semudah bikin lagu pop atau rock. Kalo hip-hop, kita dituntut bikin lirik lagu sendiri, sedangkan di genre lain, satu lagu bisa dibikin banyak penulis. Bahkan, lagu Who Run The World-nya Beyonce itu katanya ditulis 4 ato 5 penulis, padahal liriknya cuma berapa bait tok.

Selain itu, jika kalian dengerin pernyataan KRS-One, salah satu tokoh paling berpengaruh di genre hip-hop, menyatakan bahwa "hip-hop is the alternative of violence, it exists in your daily life". Hip-hop ini memiliki beberapa komponen penting dalam liriknya, yaitu Peace, Love, Unity, and Making Fun (lupa deng komponennya apa aja), Yang jelas, jika kita mendengar lirik hip-hop, pasti ada pesan yang ingin disampaikan, bisa tentang penderitaan mereka, atau impian mereka. Kalian bisa denger Tupac atau The Notorious B.I.G, jika kalian mau tau hip-hop lebih dalam, atau bisa dengerin beberapa rapper di tahun 1990an (jangan yang 2000 atau 2010, karena beberapa diantara mereka membahas tentang isu sex, alcoholic, party, dkk). 

Sisanya, baca aja disini :) (

Terus, gue akan membahas hubungan blog ini dengan hip-hop 

Jadi, di blog ini akan ada rubrik sendiri tentang hip-hop, bisa aja tentang review lagu, album, atau mixtape,atau bisa juga update berita sama komentar pribadi tentang isu-isu di musik hip-hop. Menerima untuk semua rapper, jadi rapper Indonesia yang ingin minta review, monggo. Cuma, ya menunggu :)

So, selamat menunggu ketikan berikutnya!!

Comments

  1. Yess gua juga sekarang ikutan nular suka musik hip hop, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Cerita Buruk di Sepertiga Terakhir Malam

sebuah reuni | detik-detik terakhirmu

Puisi | Menanti Waktu Berhenti