Pokemon GO : Lebih Baik dari Ingress? - Review Orang Awam #5

Selamat sore, guys! Jadi kemarin ini gue dapet kiriman link dari temen gue di LINE bahwa Pokemon GO udah resmi rilis tapi masih belum bisa diinstall via Apple Store atau PlayStore Android.

sumber : engadget.com
In case yang belum tau, permainan Pokemon GO ini adalah sebuah "inovasi" yang dikeluarkan oleh perusahaan Niantic, dimana dia memadukan antara game dan real life. Jadi, semacam main Pokemon gitu, tapi game map-nya itu emang di dunia nyata. It means that if you want to catch some Pokemon, you need to go everywhere.

Gue ga begitu nganggep ini sebagai inovasi, tapi "inovasi", karena sebelumnya Niantic sendiri sudah merilis game dengan metode seperti itu juga yang bernama "Ingress".


sumber : onseriousgames.com
Dan kerennya Ingress ini gamenya terkesan sederhana. Jadi, walkthroughnya adalah kita akan disuruh pilih antara 2 tim, yaitu Enlightened atau Resistance. Dan, setelah pilih tim, kita akan mengambil markas sebanyak-banyaknya atau kalo di game Ingress itu disebut sebagai "Portal". It's like a battle game, but with some good strategy. Mungkin alangkah baiknya, sebelum mengenal Pokemon GO, coba main Ingress dulu.

Kira2, seperti ini layout game dari Ingress tersebut.

sumber : themittani.com
Kenapa gitu? Soalnya tempat "stop" main Pokemon GO kurang lebih mirip dengan tempat "stop" dari game Ingress.

Oke, cukup kita bahas soal Ingress. Karena, gue sendiri udah kangen main Ingress, cuma sayang ga cukup sama kuota di smartphone gue, sehingga gue cenderung pilih Pokemon GO

Jadi, seperti inilah map dari Pokemon GO, anyway, main game ini harus aktifin GPS dulu, karena petanya itu "real-life".


Bagi yang belum tahu, ada semacam totem biru disana, itu adalah PokeStop dimana kita bisa ambil berbagai sumber daya disana. Seringnya sih dapet PokeBall untuk ngecatch Pokemonnya. Selain PokeStop, ada juga Gym. Jadi, semacam Pokemon yang kita punya itu dilawan dengan Pokemon yang lain, semacam dipake buat latihan gitu. Tapi, sayangnya gue belum bisa pake fasilitas Gym karena harus sampai ke level 5 terlebih dahulu.

Yang menurut gue lebih menarik ketimbang Ingress adalah, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam Pokemon yang menurutku imut-imut. Sehingga, tidak membosankan juga untuk bermain Pokemon GO, ketimbang kalo kita main Ingress yang backgroundnya itu cuma hitam tok, seperti yang kalian sudah lihat di atas. Terutama buat yang ngefans Pokemon, this game is really great joy to you!


Gue juga suka dari cara kita capture sebuah Pokemon di game ini, dimana kita bisa menggunakan real life camera, jadi kamera smartphone bisa diarahkan langsung ke Pokemon. It's a good thing. Kalo emang ga bisa, juga bisa diset kok, biar tidak merepotkan juga. Kira-kira, dari gue bermain selama 1-2 jaman, ini yang gue peroleh so far. Hehehe. Bulbasaur itu adalah Pokemon pertama gue betewe.


Meskipun game ini memang inovatif, pasti banyak keluhan yang muncul tentang game ini. Seperti gamenya yang cenderung diskriminatif, dimana ada keluhan dimana prosesor tertentu tidak bisa install Pokemon GO karena spesifikasi yang ada. Mungkin, solusi terbaiknya adalah mendownload game Ingress yang bener2 friendly ke hampir semua smartphone. 

Selain itu, memang game ini makan batere dan kuota internet banget (Ingress juga makan batere kok), sehingga alangkah baiknya pas main game ini sambil bawa power bank dan isi kuota lumayan banyak juga, hehe.

One more thing, alangkah berhati-hati jika main Pokemon GO ataupun Ingress apalagi ketika kita sedang berkendara karena bisa menimbulkan resiko kecelakaan. Bahkan pas kita sedang berjalan aja, game ini juga bisa mengurangi fokus kita. Berhati-hati! Gue juga dulu sempat hampir kecelakaan gara-gara main Ingress.

Mungkin sekedar pesan aja, buat yang baru saja main Pokemon GO atau Ingress, alangkah baiknya jika dimulai dengan berkeliling di daerah sekitar dulu hanya untuk mencari spot untuk berhenti. Karena, biasanya Pokemon itu ga jauh-jauh dari tempat itu (dari pengalaman orang yang sudah main juga, kayak gitu). Habis ketemu, dihafalkan tempatnya sehingga ketika kita bermain sambil berkendara, kita tidak perlu membagi fokus kita. So, we are safe!

Dan buat yang belum ngerti cara main Pokemon, alangkah baiknya pelajari juga deh main Pokemon kayak gimana sebelum main Pokemon GO ini. Sehingga, kalian bisa main dengan enak. Tapi, lama kelamaan, kalian bakal adaptasi juga sih.

So, apakah Pokemon GO lebih baik dari Ingress?

Gue masih belum yakin, karena yang gue suka dari Ingress itu adalah adanya kesan kerjasama di sana. Gue sama temen kampus gue sering banget main Ingress di sekitar kampus hanya untuk berebut portal dan nyerang tim lawan. Kebetulan kita berdua satu tim, yaitu dari kubu Enlightened. 

Gue masih belum menemukan unsur kerjasama di Pokemon GO, sehingga game ini masih terkesan belum greget untuk dimainkan. Meski, katanya ada "team" juga di Pokemon GO. Mungkin juga karena gue belum mendalami Pokemon GO. Padahal waktu gue bermain Ingress awal-awal, gue udah dapet sambutan dari pemain kubu Enlightened di kota gue. Mungkin karena belum aja sih.

But, i think, if you want to play Pokemon GO, it's better to start with Ingress first.

Comments

  1. aku ngga nginstal keduanya mas. ngga maen ini. belom kepengen juga. hehehe apakah aku termasuk kategori normal?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Cerita Buruk di Sepertiga Terakhir Malam

sebuah reuni | detik-detik terakhirmu

Puisi | Menanti Waktu Berhenti