I'M A BAD HUMAN (+Opini Tentang Perubahan) (#PikiranGue Ep. 2)

Hello teman2 pembaca semua! Sudah lama gue ga ngisi blog disini. Maklum sob, kesibukan anak koass. Padahal, sebenarnya bisa sih dipake buat bikin blog, cuma entah kenapa karena ketidakmampuan gue ngebagi waktu serta energi, jadinya sering kecopetan waktunya buat bikin blog. Betewe, sepertinya skena Hip-Hop Indonesia lagi rame dengan lagu yang ini ya?


Ga hanya fans Hip-Hop sih, sepertinya dunia maya lagi ribut juga dengan lagu ini. Ini lagunya Young Lex (ketua Asosiasi SUEKERS Indonesia atau ASI) dan Awkarin (anggota ibu2 senam)

Selain video ini dapet hampir 3 juta views dalam satu minggu (NGALAHIN GGS SOB!! KEREN!!), video ini juga banyak dapet dislike. Ya, entah karena apa. Mari kita telaah lagunya.

Personally, gue mulai respect ke ketua ASI (Asosiasi SUEKERS Indonesia) ini karena versenya di lagu Crystal Opera yang berjudul "Kunci" itu keren banget!! Sumpah! Gue ampe ngomong

"AKHIRNYA!! INI ORANG TOBAT JUGA.. SEMOGA ISTIQOMAH DEH!"



Back to Young Lex and Awkarin!
Mari kita telaah lagu mereka terlebih dahulu!

Gue suka dengan verse Young Lex di awal-awal dimana dia ngerap membahas tentang life struggle. He tells some good stories in it.

"Mereka bilang diriku tak berguna
Tapi sejak remaja, ku tak pernah meminta
Biaya untuk bergaya, bukan duit dari orang tua
Lulus sekolah tak mau manja
Ku kerja tuk biaya kuliah
"

Actually, ini sebuah kritik yang bagus bahkan buat gue sendiri (maklum anak kuliahan (koass kedokteran itu masih tergolong kuliah ya, biar ga salah sangka), jadi masih minta duit orang tua). We all know Young Lex ini dia juga enterpreneur ya, punya brand fashion sendiri (sayang aja gue ga minat beli bajunya, bukan karena jelek, cuma males aja). So, i think what he said is some FACTS right here. Terutama buat para haters-haters yang berkeliaran di sosial media.

Cuma, ada hal yang gue sayangi disini. Yaitu pada bagian chorus dari lagu tersebut yang berbunyi

"I'm a bad girl, bila kau tak pernah buat dosa, silahkan hina ku sepuasnya, kalian semua suci aku penuh dusta
I'm a bad boy, kau benci ku yang apa adanya, dan silahkan kau suka mereka, yang berbuat baik di depan kamera"

Gue terus terang kurang setuju dengan kata berikut ini. Bukan karena gue kurang suka dengan Young Lex atau Awkarin, tetapi kalimat ini disampaikan pada chorus, which is dalam sebuah lagu itu kayak bagian catchy atau yang paling sering disampaikan dari lagu tersebut.

Mari kita catat bahwa kebanyakan fans mereka itu dari kalangan remaja, which is quite dangerous line for them to be brought in front of public. Gue jadi ngebayangin bahwa ada anak SMP tiba2 ngomong

"I'M A BAD GIRL!" atau "I'M A BAD BOY!".

Got it?

Untuk membantu opini gue tentang ini, gue putuskan untuk cari definisi tentang kata "Bad" menurut kamus Bahasa Inggris Oxford. Disitu dijelasin banyak banget soal definisi dari kata tersebut, tapi yang menurut gue paling relevan adalah

Bad = "failing to conform to standards of moral virtue or acceptable conduct"

Kalo diartiin itu ya, intinya tidak mengikuti aturan moral. So, apakah kalian justru memilih lagu yang membuat kalian bangga menjadi ORANG JAHAT?

Let me ask you this!

Pasti kalo kalian dianggap BURUK sama seseorang, kalian bakal merasa sedih kan?

Mungkin teman-teman fans hip-hop juga bertanya, apakah lagu ini bisa menjadi kanker buat skena Hip-Hop??

Friends, gue pernah ngomong sebelumnya, dan this is not a secret anymore. Untuk mencari album atau karya hip-hop yang keren itu, ibaratnya mencari sebuah harta karun. Kamu harus mencari lebih dalam lagi untuk menemukan sebuah harta yang sangat bagus. Setiap orang punya standar kualitas yang berbeda, jika kalian merasa ini kurang bagus buat skena hip-hop, ya.. kalian tinggalin, bila perlu buang ke tong sampah, cari lebih dalam lagi. Masih banyak kok lagu hip-hop yang bagus.

Mungkin bisa juga cari musisi bawah tanah yang tidak tersentuh oleh banyak media-media mainstream. Apalagi, dengan munculnya YouTube yang dapat digunakan untuk mempromosikan karya kalian.

Sekarang, bukan lagi rahasia, bahwa semua orang sudah sok bergaya menjadi rapper, apalagi gara-gara kemunculan Young Lex. Kita nggak tahu apakah sebenarnya mereka awalnya itu ngefans hip-hop atau enggak. Atau pernah denger lagu hip-hop yang tergolong klasik kayak lagu Iwa K, Homicide, NEO, dkk.

Sehingga, yang gue takutkan adalah.. statement Cee Lo Green (penyanyi R&B dan anggota dari Goodie Mob, grup legendaris Hip-Hop skena Southern) ini bisa saja terjadi. Betewe, statement ini gue angkat juga sebagai status Facebok gue dengan sedikit modifikasi.

"Hip-Hop itu dulunya ibarat sebuah universitas elite (kayak UI, UGM, ITB), tetapi sekarang sudah kayak universitas ecek-ecek. Semua orang bisa masuk tanpa kualifikasi atau syarat tertentu. Bahkan, kalaupun ada, itu udah sangat rendah. Sehingga, yang terjadi adalah munculnya karya-karya yang memang rame banget tapi monoton. Itu ke itu saja".

Mungkin banyak yang bertanya lagi, skena hip-hop sendiri juga harus dituntut untuk berubah dong? Iya kan? We should follow the change. Kayak Jay Z bikin lagu bareng Future, dan lainnya.

Personally, gue ga pernah menganggep Future itu sebagai rapper. Gue lebih menganggap Future itu perannya mirip2 T-Pain di era 2000an akhir. Heater lah. So, it's all good about him. But, sekali lagi, Hip-Hop terutama rap, sebagai unsur vokal dari kultur Hip-Hop, tentu saja menerima perubahan. But, kita harus tetap mempertahankan esensi yang ada di Hip-Hop. Bisa dibuka lagi di Hip-Hop Declaration of Peace, jika masih bingung itu apa sih itu esensinya.

Hip-Hop is all about building positive consciousness. Hip-Hop itu pada intinya bertujuan untuk membangun kesadaran positif.
Dan tentu saja, RAP sendiri adalah unsur vokal dari Hip-Hop, dimana RAP can mean these

1. RAP = Rhyme And Poetry (rima dan puisi)
2. RAP = Rhyme, Articulation, and Poetry (rima, artikulasi, dan puisi)

Jadi, apakah Awkarin dan Young Lex itu membawakan sebuah lagu Hip-Hop??

Aku sih yes, that's Hip-Hop, but itu bukan karya yang bagus. THAT'S IT! Gue paham dengan pesan yang disampaikan, tetapi masih agak keliru pada chorusnya. Karena, we all know, semua orang pasti bikin dosa. Ga mungkin banget enggak ada yang sempurna banget hidupnya. Tetapi, kesalahan atau dosa itu dibuat supaya kita bisa belajar dari situ.

Punya dosa bukan membuat kita menjadi orang BURUK. Banyak-banyak berdoa makanya, semoga dosa kita diampuni.

Lagu ini tentu juga membuat kita berpikir bahwa kebanyakan orang berbuat baik itu hanya untuk pencitraan. Percayalah! Kita memang butuh berbuat baik untuk menciptakan impresi positif bagi teman-teman. Tetapi, tantangan terbesar dalam berbuat baik itu adalah bagaimana bisa konsisten untuk hal tersebut.

Iya kan?

PS : Gue ga mau ah bahas videonya, ya selain karena grafiknya 30 fps tapi oke lah. Good video as usual from Arvisco. Konsepnya juga keren, ala Suicide Squad. Tapi, ya.... begitulah.

Males bikin panjang ini blog, udah ah, gue mau packing lagi.. Besok pagi mau ke Wonosobo,jadwal koass bro, 2 minggu. Doain yah semoga selamat!

Comments

  1. RAP : Rhyme And Poetry
    RAP : Rima Atas Puisi
    RAP : Rima Alta Poesía
    RAP : Rima Alta Poemas
    dan intinya RAP itu puisi,
    kalo kata eric b rakim, hip-hop is storytelling, bukan songong :v

    ReplyDelete
  2. Kamu maunya apa pada hip hop? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personally, aku ingin hiphop berkembang.. ikut trend boleh, cuma yaa.. tetep.. harus paham dan stay dengan esensi dari hiphop sendiri.

      Delete
  3. ah thanks a lot man its a compliment. -JA

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Cerita Buruk di Sepertiga Terakhir Malam

sebuah reuni | detik-detik terakhirmu

Puisi | Menanti Waktu Berhenti