DZEE+CANDRA - Cukup (Review Orang Awam #1)

Hello gaes, akhirnya bisa juga gue bikin review musik. Setelah sempat nyoba review album Kendrick yang baru berjudul Untitled Unmastered, dan jujur gue bingung mau review kayak gimana. Akhirnya, gue mencoba lagi review lagu hip-hop, atau whatever, mungkin video (kalau pada berkenan), karena terkadang kegagalan itu perlu untuk hal positif.

Makanya, penting kita untuk gagal dalam kehidupan cinta (#lah), siapa tahu kelak kita berhasil.

Anyway, review yang akan gue lakukan di blog ini adalah review yang mengambil point of view dari orang awam ya, jadi jujur gue ga jago-jago banget dalam hal musik. Gue cuma suka aja kok, nyanyi aja suara serak-serak kering gini. Dan, gue menyampaikan apa yang bisa gue ambil dari lagu ini aja kok :)

OKE! Di review #1 yang akan gue coba ini, gue akan mulai dari lagu hip-hop bercampur pop, dari DZEE+CANDRA berjudul "Cukup".


Yak, DZEE+CANDRA ini merupakan kolaborasi dari 2 musisi, yaitu DZEE (Rully D. Apriansyah) dan CANDRA (Candra Riadiyanto), yang bernaung dibawah label independen yaitu Sweetspot Records Indonesia. Ini merupakan single pertama dari mereka berdua dengan posisi DZEE sebagai rapper, dan CANDRA sebagai vokalis, bahkan juga produser.

Single "Cukup" ini merupakan kolaborasi antara hip-hop dan power pop. Yang belum tahu power pop itu apa ya, itu semacam campuran antara hard rock dan pop yang melodis. Band yang nerapkan aliran ini ya, kayak Jimmy Eat World, All-American Rejects, atau The Click Five (anyway, habis nyari di google tadi). Tetapi, ini merupakan kombinasi menarik, berhubung jarang juga ada kombinasi semacam ini menurut telinga gue.

Hal yang gue suka banget dari lagu "Cukup" ini adalah liriknya yang keren. Lirik lagu "Cukup" ini punya pesan yang sangat positif. Lagu ini mengajarkan kita untuk merasa cukup dengan apa yang kita miliki, yang penting cukup buat kebutuhan pokok, dan juga bermanfaat untuk sesama, entah itu keluarga ato orang sekitar. Story telling dari lagu ini oke juga. Lagu ini disertai dengan lirik reff  yang kalo gue pikir, lumayan bisa jadi bahan renungan harian.

Kalo gue liat dari liriknya, ada semacam story telling gitu ya, dimana di verse pertama, dia menceritakan nasibnya sekarang, dimulai dari lirik ini

"Dari fajar bertukang, lewat petang baru pulang/
Hamdalah rezeki nasi lauk cukup tak kurang/"

Setelah itu membahas terhadap pengamatan di dunia sekitar, dimana harta mulai dijadikan sebagai tolak ukur kecukupan.

"Dunia yang kukenal, kini menjadi asing/
Harta benda jadi tolak ukur, jadi pembanding/"

Dan, di akhir verse sendiri, DZEE mulai menanyakan ke kita, arti dari cukup itu sendiri

"Lalu apakah arti cukup/ apakah arti kurang/
Adakah cukup/ walau milyaran di tabungan/"

Sedangkan di verse kedua, DZEE sendiri memberikan definisi cukup menurut dia, yang mungkin kalian bisa dengarkan di verse kedua.

Lagu ini diselingi beat yang menurut gue oke, dibawakan dengan piano, yang seakan mengingatkan gue pada era Yovie & Nuno. So, dengerin lagu ini bagi gue kayak ada orang yang ngerap dengan instrumentasi ala Yovie & Nuno.

Yak, menurut gue, lagu ini menurut gue cocok banget direkomendasiin buat orang penggemar musik yang ingin tahu soal hip-hop, terutama bagi yang awalnya penggemar musik Pop. Pesan yang dibawakan melalui lirik lagu ini bener2 disampaikan dengan cara sederhana dan bener2 appealing buat mainstream listener, yang kebanyakan dengerin lagu pop yang pesannya absurd, atau malah ga ada pesan positif.

Lagu ini cocok nih buat netralisir dari paparan yang buruk tadi, meski sebenarnya gue masih merasa lirik dan rima dari DZEE masih standar, but, yeah, it's a really good and recommended song for pendengar amatir! Dan, tentu saja bagi pendengar hip-hop juga cocok, apalagi lagu ini memiliki pesan yang disampaikan tersurat banget. Jadi, ga perlu cerna liriknya begitu dalam, pesannya udah sampe.

Anyway, penyanyinya juga sepertinya ganteng tuh. Siapa tahu, cewek-cewek pembaca blog ini berminat juga kepoin mereka berdua.

Dan!! SELAMAT MENIKMATI!!

Iyak, jika DZEE+CANDRA membaca review ini, lagunya keren banget! Kombinasi yang oke juga, ditunggu karya berikutnya! Perlu juga ini ada lagu hip-hop yang dicampurkan ke lagu pop, dan pesan yang diperoleh sesuai dengan apa yang diinginkan oleh komunitas hip-hop!

Lagu ini bisa dinikmati disini!

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Buruk di Sepertiga Terakhir Malam

sebuah reuni | detik-detik terakhirmu

Puisi | Menanti Waktu Berhenti