Haters Itu Spesial (#CurhatGue Ep. 02)

17 Mei 2016, 3:52 a.m

Jadi, ceritanya gue terbangun karena tidur gue yang terlalu cepet, dan sekalian, gue mau persiapkan diri buat gladi bersih wisuda hari ini (AKHIRNYA GUE WISUDA!). Dan, seketika gue punya semacam permasalahan yang harusnya gue jauhi di Facebook, yaitu ngepost yg ga penting, dan dituduh nge-hate. Tapi, ya sudahlah. Setidaknya, karena itu, gue jadi terinspirasi bikin postingan ini.

Mungkin, banyak orang yang tahu sebenarnya bahwa setiap kita punya karya, kita pasti bakalan punya haters. Entah apapun tipenya. You know, haters itu adalah orang yang membenci seseorang atas alasan tertentu, mungkin karyanya kurang sesuai selera, atau dia ga mau bersaing dengan orang tersebut, atau sekedar ikut-ikutan, atau riwayat masa lalu.


Dulu blog gue punya haters (percayalah blog kesehatan juga ada haters, meski ga banyak sih), ketika gue ngeshare tulisan gue di blog, pernah ada yang bilang, artikel gue ga penting. Dulu, waktu gue ngeshare tentang bahaya rokok elektrik, ada satu komentar bernada hate. Ya, gue biasakan saja sih. Bahkan, pernah tulisan blog gue dianggap ga penting dan sampah.
Betewe bro, penting ga sih kita punya haters?

Menurut gue, haters itu spesial (seperti judul ini), tetapi bukan berarti semua orang yang komen negatif ke karya kita atau mungkin ke kita pribadi itu adalah HATERS. Karena, bisa aja, orang yang kita anggap "HATERS" itu sebenarnya hanya emang ingin mengkritik kita dan ingin kita lebih baik lagi. Yup, we know, kita harus menghargai kritik, karena mereka emang seperti obat, pahit tapi menyehatkan. 

Gue sendiri bukan haters, tetapi ketika mengkritik, gue emang harus jujur. Kalo menurut gue kurang, ya kurang. Karena, ya itu emang sifat dari keluarga gue juga sih. Apapun yang salah, harus disampaikan dengan jujur. Jangan disembunyikan. Kalo emang ga bisa nyampai secara jujur, ya didoakan saja. I have nothing to hide, ya setidaknya ada sih, tapi ya emang harus disembunyiin juga, kayak kebiasaan malam gue ngapain, atau isi SMS hape gue apa.

Intinya, I don't hate you in general, i just hate your attitude or your work.

"gue bukan nge-hate, ini hip-hop bruh
kalo ga mau dikritik, silahkan lu jual combro
"
Gbrandrap - Gue Gak Suka (GGS)
Bro, gimana cara kita memperlakukan haters?

Jujur, banyak yang memperlakukan haters dengan cara aneh, emang banyak artis yang populer karena HATERS, ya intinya beberapa hal yang pernah viral di Indonesia contohnya. Tetapi, jangan anggap bahwa HATERS make you famous. Karena, justru orang yang populer karena banyak HATERS, biasanya bakal sebentar sih nge-trendnya, terus ya hilang terbawa arus. Intinya, jika ada komentar bernada nge-hate di karya kita, alangkah baiknya dipelajari dulu. Apakah ini emang nge-HATE, atau sebenarnya mengkritik? Jangan ditelan dulu mentah-mentah. Mungkin bisa dengan mengucapkan TERIMAKASIH.

Jika misalkan memang komentarnya bernada HATE, ya jangan dibalas dengan nge-HATE juga.

Apakah kita harus bangga dengan menjadi haters, Bro?

Sebenarnya, kalo gue sih jangan begitu banyak nge-HATE. Kita emang perlu terbuka, atau mengutarakan perasaan kita, tetapi jangan berlebihan dan di luar jangkauan juga sih. Ya, kalo seseorang merilis karya yang menurut gue bagus, ya kita hargai. Dan, mending jangan bangga deh jadi HATERS, serius!

Mmm.. sekalian deh, usahakan jangan posting apapun bernada ngejek ke artis, LIFE IS NOT ABOUT HATING PEOPLE (buat gue juga kok), masih banyak hal lain yang bisa dicintai dan diapresiasi, misalnya pemandangan, atau postingan positif, atau foto cewek cantik.

Jangan pula komentar kayak
"Apaan nih, karya ga mutu, orangnya jelek, mukanya hancur2an, bajunya ga layak"

Padahal dalam hati,
"Karyanya bagus jir, oke juga, tapi gue masih nge-HATE sama dia"

Itu kurang logis sih. Tapi, ya tadi, alangkah baiknya jika kita diam aja, jika emang ga mau "memuji" karya tersebut.

Pesan moralnya adalah

1. Don't find stupid reason to HATE, just find clever reason to "HATE".
2. Life is 10% what happens, and 90% how you react to it, so react in a good way.

Sekian dulu #CurhatGue hari ini, gue juga mau siap-siap lagi buat gladi bersih wisuda ntar pagi. BYE!! DOAKAN YA!

Comments

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi blog pribadi saya. Jika suka, jangan sungkan-sungkan lho untuk berkomentar. Salam kenal!

Popular posts from this blog

Cerita Buruk di Sepertiga Terakhir Malam

sebuah reuni | detik-detik terakhirmu

Puisi | Menanti Waktu Berhenti